Monday, 2 March 2009

Khasiat Binahong 2

Gambar Daun Binahong

Seperti kita ketahui semua bahwa daun binahong mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Diantaranya ialah sebagai obat kencing manis, sesak nafas, darah rendah, radang ginjal, muntah-muntah, gegar otak ringan. Tulisan berikut melanjutkan artikel sebelumnya 6entang khasiat daun binahong.

Tanaman ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).


Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Manfaat tanaman ini sudah dipetik Soejiyo, mantan karyawan Kanindotex yang biasa nglaju Solo-Semarang setiap kali bekerja. Katanya, binahong adalah herba yang dapat memulihkan stamina yang loyo.

Selain meningkatkan vitalitas pria, binahong dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke.

Untuk pemakaian dalam, Soejiyo meraciknya sebagai berikut: ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari, Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.

Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, menghaluskan kulit.

Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.

Batangnya untuk mengatasi kelemahan laki-laki, yaitu dengan cara diambil getahnya dioleskan pada penis, diamkan beberapa saat kemudian lakukan sanggama dengan istri. Kalau digodog dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu, hasilnya juga oke punya.

Khasiat Daun Ajaib Binahong

Daun Binahong adalah jenis tanaman yang amat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa lembar daun ini dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau lebih mudah di jus atau diblender. Adapun khasiat dari daun tersebut sebagai berikut :

A. Kategori Penyakit berat :

• Batuk/muntah darah : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Paru-paru/bolong : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari
• Sesak nafas : 7 lembar daun diminum setiap hari
• Borok akut(menahun) : 12 lembar daun diminum setiap hari
• Patah tulang : 10-20 lb daun diminum setiap hari
• Darah rendah : 8 lembar daun diminum setiap hari
• Radang ginjal : 7 lembar daun diminum setiap hari
• Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb daun diminum setiap hari
• Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun diminum setiap hari.

B. Kategori Penyakit Ringan

• Disentri/buang air besar : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Ambeyen berdarah : 16 lembar daun diminum setiap hari
• Hidung mimisan : 4 lembar daun diminum setiap hari
• Habis bedah/operasi : 20 lembar daun diminum setiap hari
• Luka bakar : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Kecelakaan/benda tajam : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Jerawat : 8 lembar daun diminum setiap hari
• Usus bengkak : 3 lembar daun diminum setiap hari
• Gusi berdarah : 4 lembar daun diminum setiap hari
• Kurang nafsu makan : 5 lembar daun diminum setiap hari
• Kelancaran haid : 3 lembar daun diminum setiap hari
• Habis bersalin/melahirkan : 7 lembar daun diminum setiap hari
• Menjaga stamina tubuh : 1 lembar daun diminum setiap hari
• Penghangat badan : 5 lembar daun diminum setiap hari
• Lemah syahwat : 3-10 lb daun diminum setiap hari.

KAKATUNCARAN (Bhs Sunda)

Tanaman ini tumbuh liar dipekarangan, berguna untuk menyembuhkan penyakit kanker, caranya : keringkan kemudian direbus dan airnya setiap hari diminum.
Tulisan ini mudah-mudahan dapat berguna bagi rekan-rekan semua, setiap saat bicara masalah hukum terbersit dibenak saya bahwa akar permasalahan adalah kesehatan, sebab didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat…(meniru semboyan apa ya ?).

Manfaat Daun Binahong dan bukti dilapangan

Ternyata binahong sangat berkhasiat obat dan banyak manfaat yang diambil dari herbal ini diantara:

Bengkak dan berdarah karena jatuh atau tergores
Tumbuk atau kunyah Daun Binahong2 daun atau lebih tergantung bengkak atau luka
Oleskan pada yang bengkak atau luka secara merata
Lakukan berulang apabila luka masih basah atau kondisi luka yang parah
Kami sudah melakukan pada si kecil anak saya ketika Jatuh dari sepeda motor ke lantai dan kepala belakang bengakak,Dalam kondisi darurat segera kunyah saja daun binahong sampai halus dan oleskan ke kepala bagian belakang yang bengkak

Alhmdulillah dengan ijin Allah keesokan hari bengkak kempas seperti sedia kala atau normal.Dan pada masnya (kakaknya) sering berlari dan kadang jatuh terluka pada lutut atau Tangan Alhamdulillah cukup sekali dioleskan keesokan hari langsung kering

Dan masih banyak yang lain yang membuktikannya

Sehingga Tanaman daun binahong depan rumah hampir Habis dipetik anak anak tetangga kalau jatuh selalu teriakan didepan rumah untuk minta daun binahong dan dioleskan sendiri.

Alhamdulillah kami berhasil secara tidak langsung terjadi proses belajar untuk mencintai tanaman obat dan merasakan khasiatnya.pada anaka anak sendiri dan sekitar Tetangga di rumah

Jerawat

1.Ambil beberapa Daun binahong 5 daun atau lebih
2.Oleskan pada muka secara merata Terutama pada Jerawat
3.lalukan sebaiknya sebelum tidur
Lakukan beberapa kali sampai kulit wajah Halus
Untuk Hasil Maksimal minum 5-6 Daun binahong di Juz dicampur air satu gelas
Bisa dicampur dengan madu supaya rasa enak.

Ini sudah dibuktikan kebetulan anak tetangga ada yang jerawatan parah
Sudah pakai obat jerawatan ratusan ribu tapi belum beres itu jerawat
Alhamdulillah setelah dioleskan beberapa hari jerawat mulai berkurang.

Tulisan ini diambil dari http://benyaliwibowo.wordpress.com

Bila anda ingin belajar tentang obat-obatan praktis dan juga bagaimana cara menghasilkan uang dari internet silahkan klik www.inginbahagia.com
Comments
36 Comments

36 comments:

Anonymous said...

Saya sendiri juga merasakan manfaat daun binahong....ketika anak saya luka krn jatuh....biasanya langsung sy kasih binahong yg diremas2 lebih dulu...terus ditempelin pada luka....cepat sekali berhenti pendarahannya....esoknya langsung kering.

arya said...

kalo untuk kencing manis, berapa jumlah umbi binahong yang diperlukan ya?

KARYA SENI DARI BARANG BEKAS said...

untuk kencing manis 7 lembar

rany said...

ass.wr.wb
mas yg punya blog ini mohon bantuannya, ibu saya habis jatuh di kmr mandi di vonis dokter ada pendarahan di otaknya.jd berapa lembar daun/umbi/ apanya yg saya kasih? jawabannya sangat membantu saya.thx
rany

didik sugiarto said...

10 lembar daun binahong...dijus atau di blender ...terus diminum setiap hari.

siti said...

ass.wr.wb
thanks mas didik atas jwbn yg terdahulu,skrg yg mo sy tanyakan apa ada efek samping di awal minumnya? soalnya kata ibu saya dia sakit perut sehabis saya ksih minum air binahong.trs klo hanya direbus saja bisa tidak?di campur dgn madu tidak apa2 kn mas?
maaf banyak bertanya,
trimakasih
rany

didik sugiarto said...

itu hanya penyesuaian aja....diawal. Dicampur madu boleh juga. Atau minumnya jangan dalam keadaaan perut kosong.

Dede said...

Artikel yang menarik.
Jika ada yg membutuhkan, kami membudidayakan Binahong. Lokasi : Limo Depok.
Kontak personal : Dede
Telp. : (021)99489580

Salam,
Enha Farm

Anonymous said...

Ass. anak saya sakit amandel, sering batuk2 dan bersin2 gak sembuh2, apa bisa dikasih dengan daun binahong, saya sudah pernah coba, daun 7 lemabar terus diminum tapi gak pakai ampasnya, terima kasih wss.

didik sugiarto said...

untuk amandel dan batuk bisa pakai binahong..tetapi harus rutin..yang namanya obat herbal itu sembuhnya pelan-pelan..

Vida said...

Ass. Anak saya makannya susah banget, apa bisa diatasi dengan binahong...? trimakasih

Didik sugiarto said...

kalau susah makan..5 lembar daun diminum setiap hari.

Anonymous said...

bisa mengatasi bengkak gak?

Anonymous said...

Bambang Sukabumi
Kaki Saya keseleo parah ditabrak mobil,bengkak dan ditelapak kaki banyak darah beku..sudah diurut tapi masih bengkak padaal sudah hampir 10 hari...tolong bantu ya bisa gak pakai binahong?

Didik sugiarto said...

Bisa Pak Bambang...diminum rutin aja...sehari 3 kali ..5 lembar daun binahong di jus. Semoga bengkaknya cepat sembuh.

tango said...

sy punya tanaman itu, kalau dikonsumsi tiap hari tidak apa2?

sherly said...

malam....
saya sdh 1thn skt lambung,sdh d endoskopi dan hslnya ada luka d lambungnya...sy jg sdh 3x msk RS dan msh srng kntrl k dktr...apa daun binahongnya bs smbhkan skt d lambung sy dan sesak d perut krn asam lambung...kl bs,berapa lembar hrs d pakainya?terimakasih....

Didik Sugiarto said...

untuk tukak lambung bisa dicoba dengan 3 lembar daun binahong diminum setiap hari

Anonymous said...

slmt pagi,
anak sy mknnya susah, lbh2 syran tdk mau. sekarang kulitnya berbercak merah gatal kering & perih katanya.
semalam sy sdh tempelin daun binahong & katanya perih...
sebaiknya bgmn mengkonsumsi daun tsb dg baik & benar ? terima kasih

Didik sugiarto said...

untuk menambah nafsu makan 5 lembar daun binahong diminum tiap hari. Untuk kulit gatal dan merah atau perih coba aja ditempelin dengan daun binahong tapi daunnya diremas2 dulu.trims

Anonymous said...

istri saya sering kesemutan, bisa diobati pakai binahong gak? brapa jumlahnya? mksh.

didik sugiarto said...

bisa...5 lembar daun binahong...di jus dan diminum setiap hari. Minumnya secara bertahap aja. Jangan langsung. Usahakan makan dulu.

Anonymous said...

istri saya buang air kecil terlalu sering tiap 15 menit, bisa ndak diobati dgn binahong ? Tks

Anonymous said...

taofik
Ass,Wr,Wb
Sy mau tanya apakah tanaman ini dapat menghilangkan penyakit Epilepsi ?
Pinggang terasa panas bila bekerja sambil membungkuk,jongkok,terlebih lagi memacul?
Apakah tanaman ini dapat mengobati Insomia (susah tidur)mohon informasinya di balas via e-mail thanks

Didik sugiarto said...

untuk epilepsi : coba aja 10 lembar daun diminum setiap hari, mudah2 an berhasil.
Untuk pinggang panas kemungkinan kecapekan atau ada gejala batu ginjal. Coba cek ke dokter. Perbanyak minum air putih.
Untuk insomnia sama aja : bisa dipakai 5 lembar daun binahong.

seh said...

untuk obat varicocle bisa gk?

seeehhh said...

Bisa untuk menyembuhkan keputihan gak ya??? Makasih..

ery said...

Ass,Wr,Wb
saya mau tanya...saya wanita hamil 6bln.terkena ambeien. bolehkan memakan daun ini? adakah efek sampingnnya utk wanita hamil?
terimakasih

D'sree Sign said...

bisa nga binahong mengobati sinus..?gmn cra penggunaannya utk mengobati sinus?mhon jawaban secepatnya..terima kasih..

dini said...

apa boleh orang hamil minum jus daun binahong?saya skrg sedang hamil 3 bulan...terima kasih

akang id said...

5 lembar daun segar dikonsumsi tiap hari bikin stamina josssss...caranya rebus dgn air 3 gelas belimbing jadikan 1,5 gelas..minum dan makan ampasnya..

Anonymous said...

Ass. Wr. Wb...
Mas, saudara saya ada yang habis operasi kecil, terus dijahit, tapi luka bekas jahitannya kok lama ya mengeringnya. Apa bisa dikasih ramuan binahong? Kalo bisa, brp lembar binahong yang dibutuhkan & bagaimana cara mengolahnya? Terima kasih...

heni said...

Bp Didik, Ibu Mertua saya punya tanaman katanya binahong tapi kok ada buah/bijinya warnanya hitam kecil2. Kalo saya liat gambar diatas daun dan batangnya sama sih. Apabenar itu binahong ??? Mertua saya biasanya memakan biji tersebut katanya bisa u/ darah tinggi, apa benar ???

Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 said...

Punten pak, saya numpang lewat sebentar mengaharapkan support dalam kontes seo saat ini, thanks atas tips kesehatannya

Anonymous said...

Saya merasakan manfaatnya daun binahong dalam hal BAB, dapat lebih lancar dan tuntas, ok salam sehat semua...!

Anonymous said...

Mas buat gejala kencing batu bs ga pake binahong?mksh...

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com

Blog Archive

 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates