Friday, 13 March 2009

Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Gambar Buah Mengkudu

Buah mengkudu sudah sejak lama dimanfaatkan oleh para leluhur bangsa kita sebagai obat. Para peneliti di negara maju berhasil membongkar khasiat dari buah si buruk rupa ini. Mengkudu ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Buahnya berbenjol-benjol dan baunya yang aduhai.. sangat menyengat! Namun buah ini berperan sebagai buah berkhasiat.

Lewat ciptaan-Nya yang satu ini, Tuhan seolah ingin mengajarkan kepada kita untuk tidak terkecoh pada penampilan fisik seseorang, sebelum mengenal betul potensi dan kualitas yang terkandung di dalamnya.


Buah mengkudu mengandung dua belas zat aktif yang berkhasiat pengobatan. Diantaranya adalah yang disebut Anthraguinone dan Scopoletin yang aktif sebagai antimikroba, sehingga penting dalam mengatasi peradangan dan alergi. Komponen aktif yang terkandung dalam buah mengkudu juga berperan dalam meremajakan sel-sel tubuh dan mencegah perkembangan sel kanker.

Disamping itu, sari mengkudu juga membantu tersedianya Xeronine dalam tubuh. Enzim ini sangat dibutuhkan dalam setiap aktifitas metabolisme tubuh manusia. Itulah sebabnya buah ini dapat membantu kerja kelenjar Tiroid dan Timus, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh serta bermanfaat sebagai Adaptogen, yaitu menyelaraskan kerja sel-sel dalam tubuh manusia. Enzim tersebut terdapat dalam buah mengkudu dalam bentuk senyawa Proxeronine.

Dalam publikasinya yang berjudul “Liquid Island Noni,” Dr. Neil Solomon mendokumentasikan hasil dari studi klinis yang melibatkan 8000 pasien yang telah diberi mengkudu dibawah pengawasan dokter medis.

Dokter-dokter ini memonitor kefektifan dari mengkudu dalam mengobati pada lebih dari 20 masalah kesehatan, dari arthritis sampai kanker. Dalam percobaan tersebut dilaporkan bahwa sebanyak 79% dari pasien mengalami kondisi membaik atau sembuh sebagai hasil setelah mengkonsumsi mengkudu.

Penduduk Jawa Tengah dan Jawa Timur mengenalnya sebagai Pace, sedangkan penduduk Jawa Barat menyebutnya sebagai Cangkudu, dan dalam bahasa Melayu di Indonesia dan Malaysia orang mengenalnya sebagai Mengkudu.

Di Hawaii, buah ini dikenal sebagai Noni, dan tabib setempat memanfaatkannya sebagai obat tradisional yang ampuh, sedangkan di Amerika dikenal sebagai Pain Killer Tree, karena bisa menghalau rasa sakit. Penduduk di Pedesaan pada berbagai tempat di Indonesia juga sudah memanfaatkannya sebagai obat cacing, obat batuk, maupun darah tinggi.

Apabila dikaji lagi, betapa canggihnya leluhur bangsa Indonesia di seluruh pelosok Nusantara yang sudah sejak dahulu memanfaatkan Mengkudu untuk pengobatan diare, cacingan, maupun untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mereka mengetahui khasiat Mengkudu berdasarkan naluri tanpa meneliti komponennya terlebih dahulu.


Comments
5 Comments

5 comments:

Anonymous said...

mengkudu juga bagus untuk diabetes lho....ibu saya setiap hari konsumsi buah mengkudu....dan hasilnya kadar gula darahnya terkontrol.

Dede said...

Maksih infonya.. manfaat banget..

Hidayat said...

Mkasih ats infoY gan. Bagi anda yang punya keluhan sakit jantung, diabetes, stroke, kolesterol jahat, darah tinggi, dll silahkan klik BADAN SEHAT Semoga Bermanfaat

Obat untuk penyakit jantung bocor said...

Infomasi yang sangat membantu

didik satria said...

Begitu banyak manfaat mengkudu bagi kesehatan. Perusahaan yang paling konsern dengan buah ajaib ini adalah Morinda Bioactives (Tahitian Noni International). Begitu banyak jurnal ilmiah yang dipublikasikan dari ilmuwan2nya, Uji klinis langsung ke tubuh manusia jg dilakukan sampai 14 kali, lebih dari 50 patent untuk treatment berbagai kasus penyakit...salah satunya diabetes.
Perusahaan ini memakai konsep pemasaran network marketing agar semua pihak dapat menikmati manfaat kesehatan serta mendapatkan income yg cukup menjajikan.
Terlepas dari orang senang atau tidak dengan konsep pemasaran multilevel marketing, perusahaan ini telah membuktikan sebagai pioner di industri bioactive yang telah membantu banyak orang didunia...baik dari sisi kesehatan maupun financial. http://www.facebook.com/groups/463612483671131/

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com
 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates