Thursday, 28 May 2009

Bagaimana cara Bersedekah dengan ikhlash

(Belajar dari ustad Yusuf Mansur )

Akhir-akhir ini aku dan keluarga senang sekali dengan acara Nikmatnya sedekah di TPI setiap hari selasa dan rabu pagi dini hari. Tepatnya pukul 5.30 WITA. Dalam acara itu dibawakan materi tentang seluk-beluk sedekah. Kadang-kadang juga ditampilkan testimonial yang menunjukkan betapa dengan sedekah yang ikhlas akan membuat semua masalah yang kita hadapi akan selesai.

Memang setelah menyaksikan acara nikmatnya sedekah di TPI tersebut, aku merasa bersedekah menjadi ringan dan membahagiakan. Bukankah kebahagiaan salah satunya disebabkan karena kita bisa memberi sebagian harta kita kepada mereka yang membutuhkan?....Yah…semua memang bergantung pada pikiran kita. Kalo dalam pikiran bawah sadar kita tanamkan bahwa sedekah itu membahagiakan…dan membuat manfaat yang sangat besar bagi kita dan orang yang kita kasih sedekah…..tentu saja sedekah akan menjadi ringan dan mudah saja.


Aku jadi teringat apa yang dikatakan kyai dan ustad waktu masih di desa dulu. Bahwa sedekah itu seharusnya seperti buang air besar…..PLONG ….rasanya. Kalo masih belum plong..berarti sedekah kita itu masih diragukan akan ke ikhlashan nya. Apalagi kalo masih mengharap pujian dan nama…….wah masih jauh itu.

Kalo dipikir-pikir kadang ada hal-hal yang tidak masuk akal dalam bersedekah. Seperti apa yang dialami oleh adik iparku beberapa hari yang lalu. Semenjak dia rajin bersedekah…tiba-tiba saja order di perusahaannya menjadi meningkat tajam. Kalo boleh dibilang 10 kali lipat dari biasanya. Sampai-sampai dia kewalahan menanganinya. Ya persis seperti apa yang diucapkan oleh ustad Yusuf Mansur tentang matematika sedekah. Yaitu ketika kita bersedekah dengan ikhlash 1 bagian …maka Alloh akan melipatgandakan menjadi 10 sampai 700 kali lipat. Tergantung amalan kita.

Ustad Yusuf mansur memberi contoh tentang uniknya matematika sedekah ini. Misalnya kita punya uang 10 kemudian di sedekahkan 1. Sekarang jadi berapa uang kita?......kalo anda menjawab jadi 9...berarti anda salah. Yang betul adalah uang anda menjadi 19....Lho kok bisa?......Begini ceritanya.

Yang disedekahkan dilipatkan 10 dulu baru ditambah sisanya yang sembilan ...jadilah 19. Aneh ya..matematika sedekah. Tapi itulah kenyataannya. Dan ini banyak yang mempraktekkan dan berhasil.

Jadi kalo anda ingin naik gaji atau penghasilan anda bertambah....bersedekahlah...Insya Alloh penghasilan anda akan bertambah. Sebagai contoh bila anda sekarang gajinya 6 jutaan...ingin naik jadi 10 jutaan perbulan...berapa rupiah anda harus sedekah?....ayo coba dihitung....?

Jawabnya adalah 500 ribu perbulan.


Dengan sedekah bisa terhindar dari musibah.



Ada seorang penelpon yang mengatakan bahwa dia sudah bersedekah setiap bulan ...namun kenapa penghasilannya kok nggak naik-naik? Dia protes kepada ustad Yusuf mansur waktu itu. Tapi ternyata ustad Yusuf mansur menjelaskan bahwa dengan sedekah ada beberapa manfaat antara lain : ditambahkan rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka, terhindar dari musibah, dan membuat kita panjang umur dan barokah umurnya.

Jadi mungkin saja seseorang yang bersedekah itu masih dibersihkan hati dan jiwanya oleh Alloh swt. Walaupun belum mendapatkan penghasilan tambahan saat ini....bisa jadi dia memperoleh manfaat yang lain seperti diatas. Dan yang paling penting tetaplah ber khusnudzon kepada Alloh. Karena Alloh pasti tahu apa yang terbaik buat hamba Nya.

Apa yang dajarkan oleh ustad Yusuf Mansur memang agak diluar nalar dan pikiran manusia. Bayangkan saja ...sewaktu ustad Yusuf Mansur berjualan Mie ayam dengan penghasilan harian yang pas-pasan. Misalnya sehari dapat 30 Ribu. Maka yang separoh dia sedekahkan ke fakir miskin dan anak yatim. Sedangkan yang separo lagi buat biaya hidupnya sehari-hari. Dan itu terus dilakukan sampai beliau menjadi seperti sekarang ini.

Memang terasa agak berat. Aku sendiri belum bisa melaksanakan yang seperti itu. Tapi dengan berjalannya waktu ...Insya Alloh hal itu bisa terwujud. Asalkan kita tetap berusaha dan tawadhu bahwa setiap harta yang kita hasilkan...pada hakekatnya ”hanya” lah titipan semata dari Tuhan dan untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.

Demikian yang dapat aku tulis tentang nikmatnya sedekah..semoga memberi inspirasi kepada kita semua untuk terus melatih diri dalam bersedekah.

Selamat Bersedekah...!

Salam sukses dan bahagia yang luaaaaar biasa....!!!


Comments
2 Comments

2 comments:

cipto waluyo said...

insya allah semoga kita lebih jauh ikhlas
http://www.anugerahstation.co.cc/

Aburizal said...

siapa aj yang pantas menerima sedekah.. ciri2nya yang bagaimana?
fakir miskin , anak yatim atau pengemis..?

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com
 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates