Saturday, 23 January 2010

Inilah mobil avanza generasi baru



Kabar gembira bagi pengguna mobil avanza dan xenia. KArena sebentar lagi akan dirilis avanza dan xenia generasi ke dua tuh. Lihat gambarnya sih menarik dan futuristik. Nggak tahu nanti harganya berapa...moga aja lebih murah. Lebih lanjut tentang ini simak artikel berikut:


Inilah Kira-kira Wajah Avanza dan Xenia Generasi Ke-2

Mobil terlaris di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, sejak pertama hadir pada 2004 belum pernah berganti model secara total atau menjadi all-new. Selama ini, dua produk itu hanya baru dalam hal facelift. Padahal, setiap lima tahun, penampilan sebuah model produk akan berubah total untuk menjaga eksistensi dan citranya.

Avanza dan Xenia adalah mobil yang paling dicari konsumen Indonesia saat ini. Tahun lalu, total penjualan kedua merek yang berasal dari satu pabrik tersebut mencapai 142.000 unit lebih!

Pada tahun ini, generasi pertama Avanza dan Xenia memasuki tahun ke-6. Sudah waktunya Avanza dan Xenia tampil dengan wajah total baru atau all-new. Tahun ini, Toyota diperkirakan tak akan meluncurkan All-New Avanza. Begitu juga dengan Daihatsu, yang menyatakan bahwa mereka pada tahun ini tak akan meluncurkan model baru.

Kendati demikian, ada secuil informasi yang diperoleh Kompas.com dari orang dalam Toyota. Tahun depan, Avanza akan tampil dengan model total baru. Sumber tersebut tidak banyak bicara. “Pokoknya tunggu saja,” akunya. Berarti, saudara kembarnya, Xenia, secara otomatis juga akan ikut hadir.

Alza. Pertanyaan bagi fans Avanza dan Xenia atau sebagian besar konsumen mobil Indonesia yang telah menjadikan kedua mobil tersebut fenomenal di negeri ini adalah, bagaimana kira-kira wajah baru MPV 7 penumpang tersebut?

Tidak mudah menelusurinya. Toyota dan Daihatsu menutup pintunya rapat-rapat. Juga belum ada informasi dari berbagai sumber lainnya, apalagi direncanakan diluncurkan tahun depan sehingga informasi sangat minim.

Nah, kalau sudah begini, bagaimana jika Toyota dan Daihatsu memberi label Avanza atau Xenia generasi kedua pada MPV kompak 7 penumpang yang diperkenalkannya pada 25 Desember 2008 di Jepang dan 23 November tahun lalu di Malaysia?

MPV kompak 7 penumpang tersebut adalah Toyota Passo Sette (PS) dan Daihatsu Boon Luminas (BL). Di Malaysia, nama MPV tersebut diberikan oleh mitra Daihatsu, Perodua, menjadi “Alza”. Hanya ada sedikit perubahan penampilan pada bagian depan. Lainnya sama.

Daihatsu sudah membawa dan memperkenalkan produk ini kepada publik Indonesia pada IIMS tahun lalu di Kemayoran, Jakarta. Waktu itu, Daihatsu hanya mengaku memperlihatkannya dan belum berniat memasarkannya di Indonesia. Pasalnya, dari segi harga, BL cukup tinggi.

Baik Paso Sette, Boon Luminas, maupun Alza menggunakan mesin 1,5 liter atau sama dengan Avanza 1,5 liter. Hanya, mesin ini sedikit lebih canggih karena dilengkapi fitur teknologi dual variable valve timing (DVVT).

Nah, di negeri jiran tersebut, Alza dijual mulai dari harga terendah RM 50.000 (Rp 140 juta) sampai termahal RM 72.131 (Rp 200 juta). Harga ini tidak berbeda jauh dibandingkan Avanza yang dijual seharga Rp 146 juta sampai Rp 171 juta jika dibandingkan dengan tipe G dan tipe S.

Jadi, ada kemungkinan bahwa PS atau BL atau Alza nantinya diberi label All-New Avanza atau Xenia dan siap menggantikan Avanza dan Xenia generasi pertama.

MPV tersebut diperkirakan tidak akan menimbulkan masalah bila menggunakan mesin 1,3 liter. Pasalnya, dimensi dan bobotnya hampir sama.

Lebih MPV. Dari postur, PS atau BL lebih MPV ketimbang Avanza-Xenia. Pasalnya, mobil ini lebih rendah, ceper, dan lebar! Hal tersebut membuatnya makin mantap dan memberikan kelegaan dengan kemampuan muat 7 penumpang.

Avanza atau Xenia, dengan postur dua kotak dan agak tinggi, akan menjadi mirip SUV. Coba tambahkan atau pasang ban serep di pintu belakangnya (harus menggunakan pintu model swing) dan pasang ban yang sedikit besar, Avanza dan Xenia pun akan jadi SUV.

Pamor Avanza dan Xenia makin tinggi dan mulai meninggalkan konsep awalnya, yaitu MPV dengan harga terjangkau. Permintaan terhadap model yang satu ini terus meningkat, dan sampai sekarang masih tetap inden. Bahkan, ketika penjualan model lain turun pada tahun lalu, Avanza dan Xenia justru naik. Model ini menjadi primadona Toyota dan Daihatsu dengan kontribusi di atas 50 persen dari penjualan masing-masing merek.

Penjualan ritel Avanza naik 18,8 persen, yaitu dari 85.150 unit menjadi 101.179 unit. Adapun Xenia naik 20,7 persen, dari 34.374 unit menjadi 41.487 unit.

Dengan fasilitas PS atau BL yang sudah ada, termasuk penyediaan pasokan komponen dari vendor, Toyota dan Daihatsu tak perlu melakukan banyak investasi baru. Dengan demikian, bila dirakit di Indonesia, harganya akan lebih terjangkau. Dan yang pasti, pencinta Avanza dan Xenia tak memperoleh penampilan yang lebih modern dan gaya, juga makin lega sebagai kendaraan keluarga!

Perbandingan Dimensi Passo Sette/Boon Luminas vs Avanza/Xenia

ItemBoon Luminas /Passo Sette Avanza /Xenia
Panjang (mm) 4.205 4.120
Lebar (mm) 1.695 1.635
Tinggi (mm) 1.620 1.695
Jarak sumbu roda (mm) 2.750 2.655
Trek Depan (mm) 1.475 1.405
Belakang (mm) 1.465 1.415
Berat (kg) 1.120/1.140 1.045/1.065

sumber: kompas.com









Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com
 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates