Monday, 25 January 2010

Tips mendidik anak agar sabar

Pos di dekat rumah yang aku pakai untuk menasehati anakku biar bersabar dalam hidup

Beberapa hari ini anak ku memang kelihatan agak kurang sabar dan pemarah. dikit-dikit teriak ..minta ini..minta itu...harus cepat dan kalau nggak cepat dia akan nangis. Walah....nih anak turun siapa yah...kayaknya aku dulu waktu kecil nggak seperti itu. Pasti ini turun dari bundanya..he..he..he...(membela diri).

Iseng-iseng aku nanya sama eyangnya : " Eyang nih zidan kok gampang marah dan nggak mau sabar sih...apa aku dulu waktu kecil juga kayak gitu...?" ( berharap jawabannya "tidak")
teryata eyang menjawab:" Betul itu...wong kamu dulu waktu kecil juga kayak gitu..."
Walah...ternyata turun dari aku ya...

Memang kalau dilihat dari usianya yg 4 tahun ....kayaknya masih wajar bila mempunyai sifat demkian. Tapi aku nggak mau kalau sifat buruknya itu nanti kebawa sampai besar. Bisa bahaya tuh....

Nah ini ada sedikit tips untuk mengatasi anak yang kurang sabaran. Ini sudah aku praktekkan sendiri. Waktu itu anakku minta es krim dan harus dibelikan saat itu juga. Namun aku jelaskan bahwa kalau kamu mau bersabar...nanti akan dapat es krim yang lebih banyak dan lebih mudah. Si anak memang nangis luar biasa...sampai sesenggukan. Tapi aku tetap tak bergeming. Akhirnya anak ini aku ajak ke suatu tempat...sambil mengalihkan pembicaraan sedikit-sedikit. Dan diselingin cerita tentang seorang anak harus sabar...manut sama orang tua....pasti akan jadi anak baik. Kalau baik...nanti bisa masuk surga...dan seterusnya.

Al hasil...si anak mulai diam dan mau mendengarkan nasehat.

Ternyata ke ajaiban datang. Nggak seberapa lama...ada tukang es krim yang lewat. Lebih murah dan enak. Akhirnya aku belikan aja dia...es krim tersebut. Sambil menasehati kalau kita mau bersabar...tentu akan mendapat lebih baik dan lebih enak lagi.

Nah ..semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kita untuk mendidik anak agar lebih bersabar. Intinya adalah tetap teguh , jangan takut anak menangis...dan menasehati anak dengan lemah lembut...serta ajak anak untuk berpikir lebih panjang.

Oh ya bagi yang mau belajar bisnis online silahkan klik di sini ya...banyak informasi bisnis online yang menarik lho...baik yang gratis maupun berbayar.


Comments
3 Comments

3 comments:

Anonymous said...

terima kasih sharing nya.
-dyah-

SUTOYO said...

anak saya umur 2,5 th. sukarang emang anak saya agak kurang sabaran,. ternyata dia butuh kasih sayang dan perhatian yang lebih. Coba beri perhatian yang lebih pada anak anda. Coba beri perhatian lebih pada anak anda saat minta sesuatu, beri pengertian dan ceritakan,.. maka akan ada perubahan. coba aja ,...

semoga bermanfaat,..

depot-voucher-pulsa-pln said...

jaman sekarang factor yg mempengaruhi perilaku anak semakin beragam, kita harus pintar2 mensiasatinya.

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com
 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates