Saturday, 19 June 2010

Pentingnya Tausiyah.....(saling mengingatkan dalam kebaikan..)

Wah sudah 2 hari ini nggak update blog kebahagiaan terbesar ini. Karena baru sibuk mempersiapkan perpindahan format pembelajaran bisnis online di inginbahagia.com. Dari format SMUO saya ubah ke format wordpress punyanya cafebisnis. Ya mudah-mudahan bisa lebih mantab dan mudah dalam memberikan materi ke seluruh member inginbahagia.com.

Ya itu hanya intermezo saja ya. Sebenarnya kali ini saya ingin menulis tentang resume pengajian yang biasa dilakukan setiap bulan di mesjid Al Ashri Singaraja. Yaitu tentang pentingnya tausyiah.

Yang menyampaikan materi adalah Ustad Abdurrahman LC. Dalam uraiannya Ustad Abdurrahman LC menyampaikan bahwa manusia dibekali dengan 3 hal yaitu nafsu, akal dan agama. Nah agama inilah yang berperan dalam megarahkan hidup manusia untuk menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Akal yang sehrusnya digunakan untuk kebaikan...malah sebagian besar hanya digunakan untuk menambah keburukan. kerakusan, penindasan, dan hanya untuk kepentingan nafsu sesaat. Akibatnya hidup menjadi salah jalan. Untuk itulah diperlukan tausyiah dan saling menasehati dalam kebaikan.

Dijelaskan juga apa sih tanda-tandanya bila perbuatan kita baik...atau buruk? Sebenarnya tanda-tanda suatu perbuatan itu baik atau buruk sangat mudah lho.....hanya satu kata. Yaitu 'tanyalah hati nurani'. Kalau setelah perbuatan anda lakukan...kemudian ada rasa penyesalan atau kegelisahan dalam hati anda...maka berarti perbuatan itu buruk. Namun bila dalam melakukan suatu perbuatan 'hati'menjadi tenteram dan bahagia.....maka perbuatan itu berarti baik. Inilah tujuan diturunkannya Islam ke muka bumi ini. Yaitu untuk membimbing manusia ke jalan kebaikan...sehingga diperoleh kebahagiaan yang sebenarnya.

Kemudian ada sesi tanya jawab yang cukup menggelitik hati saya. Seorang bapk-bapak..bertanya kepada ustad...bagaimana caranya menjelaskan kepada anak kita tentang pentingnya doa...? Sebab kalau dilihat orang-orang kafir...nggak pernah berdoa saja....mereka sukses. Lha kita terus berdoa...tetapi kok nggak sukses-sukses...? Lantas apa manfaat berdoa?

Dengan bijak pak ustad menjelaskan...bahwa berdoa...merupakan perintah Tuhan. Jadi kalau menjadi manusia yang taat harus berdoa kepada Tuhan...agar Tuhan ridho kepada kita. Sedangkan bila doa kita belum dikabulkan...bisa berarti bahwa Tuhan menghendaki kita untuk lebih baik dibandingkan keinginan kita. Bisa jadi kalau doa kita dikabukkan sekarang...malah akan emmbuat kita jauh dari kebaikan...dan akhirnya terjerumus dalam kesengsaraan dan kemaksiatan.

Nabi Muhammad mencontohkan bahwa dalam setiap aktifitas kita harus berdoa...agar mendapatkan keberkahan dalam hidup. dan tentu saja kita akan lebih disayang oleh Alloh swt.

Demikian inti tausyiah kali ini...semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com

Blog Archive

 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates