Friday, 27 August 2010

Berita tentang : Badai Api tornado di Brasil



Dahsyatnya badai api tornado di Brasil ini memang membuat kita harus waspada terhadap kejadian alam di sekitar kita. Mengingat cuaca yang kian hari tidak bersahabat dan susah diprediksi. Lebih lanjut simak artikel berikut yang saya kutip dari tribunnews.com:

Hah! Tornado Api Setan Muncul di Brasil

Sebuah tornado menerpa ladang kering yang sedang dilalap api di Brasil hingga membentuk angin puyuh api setinggi puluhan meter. Fenomena langka itu terjadi akibat dari kebakaran semak belukar yang luas kemudian diterjang angin puyuh sehingga makin panas dan membakar semua yang dilewatinya.

Kejadian tersebut terdeteksi oleh video yang kemudian dikenal sebagai api setan, yang menghubungkan lahan daratan terbakar dengan langit. Tampak dalam video yang dirilis the sun, Rabu (25/8/2010) waktu setempat, api menjulang tinggi menari lenggak lenggok di tengah-tengah kebakaran yang melanda di Aracatuba, tak jauh dari Sao Paulo, ibukota Brasil di Amerika Latin.

Bila tinggi api kebakaran di lahan tersebut sekitar 2 meter maka api setan yang muncul akibat terpaan puting beliung ini mencapai puluhan meter. Sama seperti angin puting beliung biasa, hanya saja ini bukan debu tapi api merah menyala. Untuk melihat videonya bisa diklik di sini.

Tampak seperti angin puyuh api spiral setinggi beberapa meter, dimana penduduk setempat menamakan "api setan" yang siap melalap apa saja yang dilalui. Diperkirakan, gabungan antara api dengan angin kering ini meningkatkan suhu dari api itu sendiri sehingga makin ganas melalap objek yang terbakar.

Badai api itu juga ditakuti warga karena kekeringan di Brazil sering memicu terjadinya kebakaran hutan maupun padang ilalang. Akibat kebakaran ini, kualitas udara ibukota Brasil makin buruk dan tingkat polusi makin tinggi.

Pemerintah setempat sudah melarang petani tebu untuk membakar limbah usai panen demi mencegah kebakaran meluas dan memperburuk kualitas udara.

Angin tornado api atau dikenal sebagai "api setan" ini jarang terjadi. Di Tokyo Jepang pernah terjadi hal serupa tahun 1923 yang dipicu oleh gempa bumi dahsyat dan menewaskan lebih dari 38.000 jiwa hanya dalam waktu 15 menit.

Comments
1 Comments

1 comments:

Anonymous said...

Tadinya aku pikir Tuhan Jehova mengirimkan api sebagai tanda....tp gak tahu sih GBU

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com

Blog Archive

 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates