Tuesday, 24 May 2011

Berita terkini: Badai Tornado kembali menyerang AS....89 orang tewas

Amerika kembali diserang oleh badai super dahsyat Angin Tornado. Diperkirakan 89 orang tewas dan merusak ribuan rumah penduduk Joplin Misouri. Lebih lanjut tentang badai Tornado di Amerika ...simak artikel detiknews.com berikut ini:



Joplin, - Angin tornado menyerang kota Joplin, Missouri, Amerika Serikat, dan hingga saat ini menyebabkan sedikitnya 89 orang tewas. Tornado tersebut juga menghancurkan ribuan rumah-rumah dan rumah sakit serta pusat bisnis.

Seperti diberitakan oleh Reuters, Selasa (24/5/2011), seorang pejabat yang membidangi cuaca mengatakan, Tornado tersebut merupakan kejadian alam terburuk sejak tahun 1953.

Tim penyelamat sendiri masih terus berusaha mencari korban yang selamat dari kejadiaan naas tersebut. Pada saat tornado menyerang kota tersebut, diperkirakan terdapat sekitar 50 ribu orang berada di dalam kota itu.

Untuk sementara ini, 500 orang ditemukan dalam kondisi cedera dan diperkirakan korban akan terus bertambah karena saat ini tim penyelamat masih mencari korban di bangunan-bangunan yang rubuh.

Sejumlah mayat banyak ditemukan disekitar pusat kota yang terdapat banyak restauran makanan dan disebuah panti jompo di daerah tersebut.

Badai dan petir telah menghambat upaya pencarian dan penyelamatan di Joplin, kota di negara bagian Missouri yang dihantam tornado.

Sedikitnya 89 orang tewas sementara ratusan lain luka-luka dan pihak berwenang memperkirakan jumlah korban jiwa maupun yang cedera masih akan bertambah.

Upaya pencarian korban yang selamat dari pintu ke pintu sudah dimulai Senin pagi waktu setempat namun diperkirakan akan lebih lambat karena badai yang masih menyerang.

Selain itu juga muncul kekhawatiran kabel listrik yang jatuh serta risiko yang diakibatkan kebocoran gas, yang menyebabkan kebakaran di beberapa tempat sepanjang malam.

Seorang pejabat di Joplin, Mark Rohr, mengatakan tornado menghantam kota di jalur sekitar sepanjang 10 km dan selebar hampir 800 m, dengan menghancurkan bangunan yang dilewati, termasuk merusak sebuah rumah sakit.

Tornado juga merusak saluran listrik dan telepon, sehingga sebagian kota itu gelap gulita dan terputus dari bagian lain.

Palang Merah sudah mendirikan tempat penampungan di Universitas Missouri di Joplin untuk para korban serta mengerahkan kenderaan tanggap darurat.

Bulan lalu, tornado dan badai menewaskan sedikitnya 350 orang di Alabama dan enam negara bagian lagi di wilayah Selatan.

Keadaan darurat
Gubernur Missouri, Jay Nixon, sudah menyatakan keadaan darurat dan memperingatkan rangkaian badai masih dalam perjalanan.

"Kami mengerahkan setiap lembaga dan sumber daya yang tersedia untuk menjaga keselamatan keluarga Missouri, mencari orang yang hilang dan memberikan layanan kesehatan darurat serta memulai proses pemulihan."

Dia meminta agar warga tetap waspada mengikuti perkembangan cuaca dan mematuhi instruksi yang diberikan.

Sebagian wilayah selatan kota Joplin -yang berpenghuni 50.000- dilaporkan rata dengan tanah.

Sirene peringatan berbunyi sekitar 20 menit sebelum tornado dan badai menghantam.

Seorang wartawan lokal, Jeff Lehr, mengatakan awalnya dia mendengar jendelanya bergetar dan pecah.

"Setelah itu anda bisa mendengar semuanya tercabut. Atap tercabut dari rumahku dan juga rumah-rumah lainya. Aku ke luar dan tidak ada yang tertinggal," tuturnya kepada kantor berita AP.

Warga Joplin lainnya, Tom Rogers, mengatakan rumahnya hancur.

"Kami mendengar suara sirene yang kedua. Tiba-tiba semuanya jatuh ke kami. Kami angkat kepala dan tidak ada yang tertinggal."

Sekitar 100 pasien dari rumah sakit di Joplin harus dievakuasi karena tornado juga merusak rumah sakit tersebut.


Comments
1 Comments

1 comments:

Post a Comment

About Me

My Photo
Saya lahir di sebuah desa di pinggiran kota kediri Jawa Timur. Dari tk sampai SMA di desa.....jadi asli wong ndeso he...he..he. Kemudian melanjutkan kuliah di UGM fakultas farmasi Angkatan '94. Lulus Th 2001 Selanjutnya bekerja di apotek kimia farma sejak februari 2001 sampai dengan februari 2012. Kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha walaupun kecil-kecilan. Prinsip hidup : kerja keras dan jangan takut mencoba. Beramal sebaik-baiknya dengan mencoba untuk ikhlash Kontak Saya : email : didiksugi@gmail.com

Blog Archive

 
Copyright © 2011. Bloging, Tips, News . All Rights Reserved Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates